Informasi seputar Cileungsi Jawa Barat & sekitarnya
Ingin megiklankan produk Anda ?
Segera email ke wartamampir@yahoo.com

spr

...................................................... PPC Iklan Blogger Indonesia ....................................................

...................................................... ..................... ..............

Tuesday 9 August 2011

Ribuan Warga Serbu Lokasi Galian Pasir di Cileungsi

BOGOR--: Ribuan warga Desa Gandoang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, bersama dengan Forum Komunikasi Warga Peduli Lingkungan (FKWL) Bogor dan yang mengatasnamakan dari Walhi, turun ke jalan, Minggu (19/6) siang.

Dengan berbagai atribut, termasuk membawa sebuah keranda,
ribuan warga mendatangi lokasi galian pasir milik CV SCA yang di Jalan Raya Cileungsi. Para pendemo menganggap galian pasir tersebut telah merugikan warga, karena mencemari lingkungan, merusak jalan, dan menyebabkan kekeringan, selama puluhan tahun.

Dalam tuntutan, mereka minta galian yang sudah membuat susah masyarakat selama puluhan tahun itu untuk ditutup permanen. Aksi itu mendapat pengawalan ketat dari aparat gabungan polisi dari zona II dan Polres Bogor. Bahkan, ratusan aparat sudah membrikade jalan di depan gerbang menuju galian pasir. Sedikitnya 250 personel keamanan dikerahkan untuk mengamankan aksi tersebut.

Dalam aksinya, warga mendobrak pintu gerbang dan terlibat saling dorong dan adu mulut dengan petugas kepolisian dan sejumlah orang yang diduga menjadi beking perusahaan galian pasir tersebut.Karena aksi melibatkan massa yang sangat banyak, membuat kemacetan hingga puluhan kilometer di dua arah ruas jalan di lokasi itu. Selain itu, juga kemacetan terjadi karena warga menutup total jalur tersebut, hingga beberapa jam.

Nurhidayat, koordinator dari FKWPL Bogor, mengatakan, krisis lingkungan di Desa Gandoang, akibat eksploitasi ilegal tambang pasir kian berkepanjangan.Menurutnya, kegiatan pertambangan yang dilakukan dua perusahaan galian CV SCA dan PT AGB sudah sejak 2008. Keberadaan mereka, katanya, tidak memeliki dokumen izin lingkungan atau Amdal/UKL/UPL.

”Jelas ini berdampak serius bagi lingkungan di sini. Tidak jelas upaya tanggung jawab pemerintah dan penanggung jawab usaha untuk melakukan perbaikan dan pemulihan lingkungan,” katanya. (OL-8)
Sumber  :  http://www.mediaindonesia.com/read/2011/06/19/235446/37/5/Ribuan-Warga-Serbu-Lokasi-Galian-Pasir-di-Cileungsi

Berita terkait :
-Galian Pasir Cileungsi vs KLH ( http://citraindahciputra.blogspot.com )
-500 Warga Desa Gandoang-Cileungsi Demo Galian Pasir ( http://bogorplus.com )
-Galian Pasir Milik PT Ikatra Longsor ( http://lintassbogor.blogspot.com & http://www.beritabogor.com/ )
-Dukung Penutupan Galian Pasir Gandoang-Cileungsi ( Facebook )
-Massa Pro dan Kontra Galian Pasir Gandoang Bersitegang ( http://www.tempointeraktif.com )
-Galian Pasir Ilegal di Bogor Diduga Jadi ‘ATM” Oknum ( http://www.poskota.co.id )
-http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/09/26/galian-pasir-di-gandoang-harus-ditutup
-Galian Pasir Gandoang Disegel KLH dan Polri
Puri Cileungsi Siaga Satu
Gandoang Masih Siaga Satu
Warga Diminta Patuhi Hukum
Mabes Polri dan KLH Segel Galian Gandoang









 











No comments:

Post a Comment